PASTE NAVIGATION MENU CODE

Sabtu, 18 Desember 2010

, ,

How do I start to business ?



Dunia ini BUKAN DIPENUHI  oleh dua kubu, yaitu  the-have(si kaya) dan the have-not(yang tidak kaya), tapi duniaini hanya diisi oleh dua kubu yaitu the-will(yang punya kemauan) an the-will not(yang tidak punya kemauan).

--darmadi darmawangsa,penulis buku best seller champion--


banyak orang yang masih bingung untuk memulai usaha/bisnis . sejumlah pertanyaan mungkin masih berkutat di pkirannya tentang bagaimana atau apa  langkah yang harus diambil untuk memulai usaha . dan kebanyakan pertanyaan ini selalu menjadi akar dari permasalahan, yaitu 'nanti kalu saya rugi gimana?'...gimana kita mau ber-usaha kalau kita sendiri takut mengalami kerugian ? hal yang terpenting adalah sebelum kita memuali usaha bahwa kita siap untuk rugi dan gagal !!

HOW DO I START TO BUSINESS ?

1. berbisnis lah dengan apa yang kamu sukai

memulai usaha  tidak  jauh lebih sulit daripada ketika kita sudah menjalankannya. kamu pasti akan berpikir keras dan menghabiskan banyak energi untuk menentukan bisnis/usaha apa yang 
mungkin cocok buat kamu dan akan menghasilkan profit yang banyak . Nah, cobalah ber-bisnis dengan apa yang kamu sukai . misalnya : kamu suka menulis, maka sebaiknya kamu menjadi penulis buku atau kamu pintar dan suka memasak maka sebaiknya kamu membuka sebuar rumah makan .

2.  make a TEAM

jika bisnis kamu  memerlukan banyak tenaga,. penting sekali . mencari seseorang lain untuk join . carilah orang-orang yang punya tujuan yang sama denganmu lalu buatlah sebuah tim, karena kamu pasti membutuhkan dukungan dan banyak kepala akan dapat memunculkan ide-ide yang lebih banyak pula, jika diperlukan cari juga seorang guru/mentor yang dapat mengarahkan kamu ketika ada permasalahan yang mungkin tidak dapat diselesaikan olehmu .

3. menyusun konsep usaha

setelah  menentukan bisnis apa yang akan dijalankan , maka langkah selanjutnya adalah menyusun konsep usaha . konsep ini terdiri dari strategi bisnis sampai ke estimasi laba/rugi dan estimasi kapan usaha akan balik modal .

4.lakukan survei pasar

dengan melakukan survei pasar, kamu akan dapat menemukan siapa yang menjadi target bisnis mu dan berapa kuat persaingan dalam pasar . caranya adalah mengumpulkan sebanyak mungkin informasi - informasi tentang pasar dan apa yang dibutuhkan pasar, maksudnya kamu harus jeli melihat kondisi pasar .

5. dapatkan modal

jika usaha  membutuhkan modal besar dan modal yang kamu miliki terbatas , maka  sebaiknya mencari seorang investor yang dapat menyuntikan modalnya,. dengan menunjukan konsep beserta proposal bisnis kepada investor . investor bisa saja adalah dari keluarga mu sendiri , tapi jika modal yang kamu punya hanya terbatas usahakan untuk memulai usaha dengan modal yang kamu punya saja .

6. berprinsip "jangan takut rugi"

yang terpenting adalah kemu tetap semangat dan jangan pernah berpikir bahwa rugi itu akan menjatuhkan mu ...tetaplah bersemangat dan jangan mudah menyerah !!

seperi yang saya bilang di awal bahwa dunia ini hanya di penuhi oleh dua kubu , yaitu siapa yang mempunyai kemauan dan yang tidak punya kemauan -

take action   !!!!

0 komentar:

Posting Komentar