PASTE NAVIGATION MENU CODE

Minggu, 13 Maret 2011

, ,

Usaha/Bisnis Install LINUX

Hmm, pertama jangan salah kira dulu melihat judul di atas. Yang penulis maksud dalam artikel ini bukan CD untuk instalasi sistem operasi Linux, tetapi profesi usaha sebagai penginstall Linux (hehe). Ide ini juga diangkat dari kisah nyata, sebuah instansi rumah sakit butuh peremajaan 200 an buah PC nya. Tetapi karena ndak mau terlibat masalah "hak cipta-mencipta software", diputuskan memakai Linux saja yang Free untuk PC-PC baru nya! (goodbye Windows - mungkin begitu maksudnya). Masalahnya vendor komputer ndak jual hardware sekaligus instalasi Linux-nya. Si pembeli dipersilahkan mencari installer (tukang instalasi) sendiri.

OK, sekarang kita bicara masalah peluang bisnisnya. Menurut penulis, untuk instalasi Linux ini, siapa saja bisa melakukannya, asalkan punya "cukup" ilmu berkaitan dengan tugas kerjanya. Baik laki-laki maupun wanita, mulai pelajar SMP maupun hingga bapak-bapak. Bahkan sepertinya tidak butuh modal terlalu tinggi. Yang penting modal awal adalah "knowledge", ditambah "skill", ditambah "experience", makin bagus. Berikutnya cukup memiliki beberapa distro CD Linux untuk istalasi (misal Slackware, Debian, Mandrake, RedHat, Fedora, Susse) yang harganya bisa jadi cuma Rp 5,000 an per keping.

Berikutnya, tinggal marketing, mempromosikan usaha jasa instalasi Linux. Bikin aja kartu nama, titipkan ke toko-toko komputer (vendor), ke rental komputer/internet. Pasang iklan di koran lokal (kalau ada dana anggaran untuk itu), beri alamat kontak yang mudah dihubungi. Menurut kabar, sekarang ini toko-toko komputer banyak yang menjual hanya PC saja, tidak seperti dulu sudah dengan instalasi windowsnya sekaligus. Nah, inilah peluang bisnis baru yang penulis maksud. Termasuk peluang maintenance after salesnya, peluang memberi kursus privatnya (Linux), dll.
Sekedar info : jasa instalasi Linux ini memang ndak ada standarnya. Kalau kita memasang tarif Rp 50,000 untuk instalasi per PC pun kayaknya masih wajar koq. Lumayan kan ? [Apalagi kalau punya ilmu setting Linux untuk networking nya, hingga ke kelas server, makin bagus tarifnya]

TIPS : kalau "skill" untuk menginstall Linux belum dipunyai, cobalah berkorban sedikit dengan cara ikut kursus-kursus singkat Linux di lembaga kursus, atau minta bantuan teman/kenalan untuk mengajari Linux, atau baca sendiri lewat majalah/buku2 di pasaran yang mengupas Linux, terus berikutnya eksperimen sendiri. Bila skill yakin sudah OK, go to business !

0 komentar:

Posting Komentar