PASTE NAVIGATION MENU CODE

Sabtu, 05 Maret 2011

, ,

Strategi memilih lokasi usaha



Dalam strategi pemasaran, adanya pemilihan lokasi usaha yang strategis menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha. Semakin strategis lokasi usaha yang dipilih, semakin tinggi pula tingkat penjualan dan berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha. Begitu juga sebaliknya, jika lokasi usaha yang dipilih tidak strategis maka penjualan pun juga tidak akan terlalu bagus.
nah jika anda ingin memulai usaha,lebih baik pilih dahulu tempat usaha yang paling tepat buat usaha anda. coba lakukan riset serta bandingkan beberapa pilihan tempat usaha sebelum anda bener bener menemukan tempat yang paling tepat. berikut beberapa faktor yang sebaiknya anda
perhatikan.sebagai bahan pertimbangan untuk memilih tempat lokasi usaha :

1. Besar pendapatan masyarakat sekitar lokasi 
Jika anda ingin usaha dengan produk yang harganya sedikit tinggi sebaiknya pilih di lokasi yang kemampuan masyarakat/daya belinya cukup tinggi. misalnya di kota kota besar, pusat perbelanjaan. sedangkan jika anda ingin menjual produk yang harga jualnya relatif murah, maka lebih baik mencari lokasi yang daya belinya terjangkau oleh orang-orang dengan taraf ekonomi menengah kebawah. karena pastinya konsumen di daerah tersebut lebih mementingkan harga yang terjangkau, dibandingkan dengan kualitas produknya sendiri.

2. Memperhatikan tingkat keramaian lalu lalang kendaraan yang lewat.
coba perhatikan lokasi tempat usaha yang akan kamu dirikan usaha, bagaimana keadaan lalu lintas jalan, jika disana banyak pejalan kaki, maka jangan buka bengkel. kan gak nyambung. cocoknya buka kedai yang jual minuman dingin, dan tempat istirahat sejenak, rokok dsb. namun jika lokasinya di tempat yang banyak pengendara sepeda motor atau kendaraan, maka lebih baik jika membuka usaha bengkel sepeda motor, atau tempat pengisian bahan bakar.

3.Banyaknya usaha yang mendukung lokasi tersebut.
semakin banyak usaha yang ada di lokasi tersebut, semakin ramai pula orang yang tau keberadaan sentra bisnis yang mereka cari, dan semakin ramailah pengunjung yang datang, hal ini dikarenakan kebutuhan beberapa jenis dapat mereka cari di tempat yang berdekatan. artinya begini, coba analisa bisnis apa saja yang ada di sekitar tempat usaha yang akan kamu dirikan, jika ada orang yang buka usaha bengkel di sekitar rumahmu, terus ada door smeer, juga ada tempat modifikasi sepeda motor, maka jangan sekali kali kamu buka toko sepatu, karena itu tidak saling terkait dengan bisnis yang sudah berjalan sebelumnya di tempat itu, jadi coba lah untuk bisnis makanan atau angkringan ( tempat orang menunggu yang juga menyediakan makanan kecil dan lainnya ). analisa apa yang dibutuhkan lagi di tempat itu, sesekali lakukan survey dan bertanya kepada konsumen atau masyarakat.

4. sesuaikan dana dengan lokasi usaha yang akan anda pilih.
Biasanya lokasi usaha yang ada di keramaian seperti mall, atau di pinggir jalan yang strategis harga sewanya lebih mahal dibandingkan lokasi usaha yang kurang strategis. Untuk itu sesuaikan dana yang Anda miliki, dengan lokasi usaha yang di pilih. Jangan memilih lokasi yang harga sewanya mahal, tetapi ternyata tidak ramai pengunjung.

5. Pilih lokasi usaha yang tingkat kompetisinya rendah
Jika di lokasi tersebut sudah banyak usaha yang sejenis dengan usaha Anda, sebaiknya lokasi ini dihindari. Namun jika Anda yakin karena posisinya yang sangat strategis, Anda harus siap bersaing dengan menciptakan inovasi baru yang dapat membedakan usaha Anda dengan usaha lain yang sejenis.

6.Tingkat kepadatan penduduk sekitar lokasi 
sahakan memilih lokasi usaha yang memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi. Semakin tinggi kepadatan penduduk di suatu lokasi, maka semakin besar pula potensi pasar sebuah usaha. Coba saja bandingkan pendapatan usaha yang lokasinya di daerah pedesaan dengan usaha yang berada di daerah perkotaan, omset yang diperoleh akan sangat jauh berbeda.

7.Perhatikan akses menuju lokasi usaha.
Usahakan pilih lokasi yang mudah di akses oleh para konsumen. Jika memungkinkan, pilih lokasi usaha yang dilalui transportasi umum. Agar konsumen yang tidak memiliki kendaraan pribadi juga bisa menjangkau lokasi usaha Anda.

8. Tingkat keamanan yang mendukung
Lokasi usaha yang aman juga menambah kenyamanan para konsumen. Mereka tidak akan ragu meninggalkan kendaraan mereka di tempat parkir, dan bisa meninkmati pelayanan usaha Anda dengan merasa nyaman. Dengan lingkungan yang aman, Anda bisa mengurangi resiko pencurian maupun perusakan yang bisa terjadi pada usaha yang ada di lokasi kurang aman.

9. Perhatikan kebersihan lokasi usaha
Konsumen tidak akan mengunjungi sebuah toko, warung ataupun sebuah outlet yang berada di lingkungan kotor atau kumuh. Mereka akan merasa ragu untuk membeli produk Anda. Untuk itu jaga kebersihan lingkungan sekitar Anda, agar konsumen merasa nyaman berkunjung ke lokasi usaha Anda.

10. sebelum memulai usaha,  sebaiknya anda harus memperhatikan apakah bangunan/ ruko yang akan anda sewa sudah beres soal izin-izinnya, seperti IMB nya, AMDAL, dan lain lain. agar nantik kedepannya, tidak ada masalah tak terduga yang muncul.Banyaknya peristiwa tempat usaha yang dihancurkan hanya karena tidak memiliki ijin, dapat menjadi pelajaran penting bagi Anda yang sedang mencari lokasi usaha.

  • sumber gambar : http://indomaret.co.id/images/sewateras.jpg

0 komentar:

Posting Komentar